Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Tingkatkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan



Bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Cilacap ingin seluruh anggota Pramuka Cilacap terus menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional dan berwawasan kebangsaan.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Cilacap dalam amanatnya di Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-62 Pramuka tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) 1101 Cilacap dilaksanakan di Lapangan Krida Nusantara Cilacap Utara, Sabtu (26/8/2023).

Yunita mengatakan semangat tersebut sesuai dengan tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 yakni, “DENGAN PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-62, MARI KITA WUJUDKAN SDM YANG PROFESIONAL DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN”.

“Mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan. Di samping itu, Wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara,” ucapnya saat sedang membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada Peringatan hari Pramuka ke-62 tahun 2023 di Jakarta.

Selain itu, Pj Bupati juga mengingatkan Gerakan Pramuka khususnya di Cilacap harus tetap solid terutama pada saat menghadapi tahun politik saat ini. Kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

Seusai Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62, dilakukan juga penyerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada 121 anggota Pramuka Kwarcab 1101 Cilacap, diantaranya berasal dari Pengurus Kwarran Kesugihan, seperti: Kak Edi Casedi, Kak M.Saefi, Kak Kheulis Nuri, Kak Puji Hartati, Kak Fuad Hasyim, dan anggota dewasa lainya seperti Kak Mustaniratussa’adah, Kak Faizun Yusup, Kak Robingaenah, Kak Muhamad Maslakhul Anwar, Supriyati dan lain-lain. (LIHAT undangan penerimaan TPOD 2023) dan SK Pancawarsa Kwarda Jateng 2023.

Selain itu Pj Bupati juga menyerahkan piala kepada juara Estafet Tunas Kelapa Kwartir Cabang Cilacap Tahun 2023 yang dilaksanakan hari kemarin, Jumat (25/8/2023).

Juara 1 Estafet Tunas Kelapa Kwartir Cabang Cilacap Tahun 2023 diraih oleh Kwartir Ranting Cilacap Tengah, Juara 2 oleh Kwartir Ranting Cilacap Utara dan Juara 3 diraih oleh Kwartir Ranting Jeruklegi.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-62 Pramuka tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) 1101 Cilacap ditutup dengan Tari Kolosal Nusantara dengan judul “Kamardikan”. Tarian ini dibawakan oleh 115 penari dari SDN Mertasinga 03 Cilacap.









Popular posts from this blog

Arti lambang Badge Jawa Tengah

Arti Logo Dewi Sartika